Bahaya agas dapat menyebabkan kematian pada ayam kampung


Salam beternak ayam kampung. 
Pada kesempatan kali ini, admin akan sharing mengenai bahaya agas pada ternak ayam kampung.  Agas adalah binatang kecil yang lebih kecil dari nyamuk, namun ketika ia menggigit, luar biasa gatal.  Bahkan gatalnya lebih parah dari gigitan nyamuk.
agas dapat membahayakan ayam kampung
-
Dan, bahayanya ketika ayam terserang agas, akan menyebabkan kepala bengkak, makin kurus, pertumbuhan terhambat, bahkan sampai ada yang mati. Oleh karena itu, ketika di musim hujan, biasanya agas akan berkembang biak dalam jumlah yang sangat bayak. Sehingga mereka mampu merusak alam sekitar, termasuk mengganggu pertumbuhan pada padi dan jenis tanaman lainnya. Dan ternyata, selain mengacaukan pertanian dan perkebunan, agas juga mengacau peternakan. Tidak lain, peternakan ayam kampung.
Anda  bisa mencoba jika anda penasaran dengan bagaimana rasanya digigit agas. Ketika hampir magrib, cobalah berjalan di pinggiran sawah yang ditanami padi. Admin jamin, Anda tidak akan betah. Agas pasti akan menyerang bagian kepala dan sekitar telinga.
Kemudian, coba bayangkan jika binatang kecil ini menyerang peternakan ayam kampung Anda? Dan, jumlah agas ini tidak hanya puluhan, mereka biasanya menyerang ayam kampung dalam jumlah yang tak terhingga. Jika Anda penasaran, coba perhatikan keadaan kandang di kala malam hari. Apabila jumlah agas yang ada di dalam kandang masih berjumlah puluhan, berarti peternakan Anda masih aman. Akan tetapi, bila jumlah agas ini sudah lebih dari jutaan, siap-siap saja menghadapi dampaknya.

Cara penanggulangan

pegasapan dapat mengusir agas yang mengganggu ayam kampug
-
Buat pengasapan di dekat kandang untuk sepanjang malam. Ayam tidak masalah dengan asap. Asap tidak akan mengganggu pertumbuhan mereka selama asap itu tidak berlebihan. Jadi jangan khawatir degan asap tersebut. Admin telah melakukan ini dalam waktu yang cukup lama dan doc milik admin tetap sehat.

Tingkatkan daya penerangan

tip mencegah agas pada ayam kampung
-
Dengan cahaya yang terang dapat membantu doc untuk melihat dengan jelas agas yang beterbangan, sehingga ia bisa membasmi sendiri binatang kecil iniDengan suhu udara yang tinggi,  juga akan membuat agas tidak mampu bertahan di dalam kandang dan mampu membuat agas keluar dengan sendirinya. Bahkan jika masih ada yang tersisa didalam kandang, agas terbut tidak akan berdaya untuk menyerang, karena kekuatan agas telah dilumpuhkan oleh asap.
Baiklah semoga ulasan artikel ini dapat bermanfaat. Dan sampai jumapa di artike selanjutnya.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara memisahkan anak ayam kampung yang baru menetas dari induknya

Tips merawat doc dari umur 1 hari sampai 40 hari dijamin 100% hidup dan sehat