Tips merawat doc dari umur 1 hari sampai 40 hari dijamin 100% hidup dan sehat



cara merawat doc anak ayam kampung
Doc yang sehat
Di tempat admin, banyak sekali warga yang menyepelekan usaha peternakan ayam ini. Termasuk ibu admin sendiri. Sebelum admin mengambil alih peternakan di rumah, induk ayam sebanyak 7 ekor dan 2 pejantan hanya sia-sia saja. Ketika induk ayam itu bertelur, kadang satu tempat bertelur ada 2 atau 3 induk yang bertelur di tempat yang sama, sehingga induk ayam tersebut yang seharusnya produktif jadi sia-sia saja.
Kadang ada juga yang selamat bertelur hingga  menetas, dan memiliki anak sebanyak 10 ekor  juga berujung sia-sia. Anaknya, dimakan biawak, dimakan burung elang, atau bahkan mati sia-sia, hingga tidak ada yang tersisa. Dan setelah admin pelajari, ternyata penyebabnya adalah kurangnya perhatian kepada mereka.
Lantas apa yang harus dilakukan agar anak ayam itu selamat? Berikut tipsnya dan dijamin ampuh akan membuat doc selamat 100%. Dan pastinya sudah admin buktikan.

Sediakan kandang box

tips membuat kandang box yang bagus untuk doc ayam kampung
Kandang box doc
Kandang box yang harus disediakan tidaklah perlu mewah, yang penting berfungsi baik. Angin malam yang dingin tidak tembus ke dalam kandang. Kotoran doc terbuang dengan bersih. Dan di dalam kandang box pun harus ada beberapa peralatan yang memadai, seperti yang akan admin jelaskan di bawah ini.

Penerangan menghangatkan

balon rekomended buat anak ayam kampung
Lampu Philips
Penerangan ini haruslah mampu membuat tubuh doc hangat, dan berhasil membuat keadaan tubuh doc bisa mencerna makanan dengan baik.  Untuk menjaga kehangatan tubuh doc, kandang box memerlukan balon kuning 100 watt. Bahkan jika di daerah Anda cukup dingin, atau pada saat musim hujan kandang box tersebut membutuhkan 2 balon kuning 100 watt. Tanpa tercukupinya suhu panas di dalam kandang juga memengaruhi kesehatan doc.

Tempat minum yang layak

tempat minum recomended untuk doc anak ayam kampung
Tempat minum doc
Anda bisa membeli di pasar tempat minum khusus, agar air minum itu terus terjaga kebersihannya. Pemberian air minum pun tidak boleh asal-asalan. Bahkan admin menggunakan air minum yang telah dimasak, agar bakteri di dalam air minum itu mati. Air minum ini cukup berpengaruh pada kesehatan doc. Apabila doc meminum air yang banyak mengandung bakteri, akan menyebabkan doc cacingan, dan itu akan membuatnya sakit, dan pada akhirnya mati pula.

Tempat makan

Bentuk tempat makan anak ayam yang bagus rakitan
Tempat makan doc
Anda pun perlu menyediakan tempat makan yang layak buat doc, setidaknya tempat makan itu, haruslah memenuhi syarat sebagai berikut.
  • Makanan tidak bercampur dengan kotoran doc sendiri.
  • Makanan tidak tumpah ke mana-mana.

    Makanan untuk doc pun harus menggunakan kosentrat. Selain dari kosentrat, admin tidak menganjurkan. Kenapa? Makanan kosentrat itu sudah diolah dengan pabrik. Protein dan kandungan gizi yang dibutuhkan doc semuanya sudah lengkap ada pada kosentrat. Admin sarankan jangan pernah memberikan makanan  selain kosetrat pada doc ketika masih belum berumur 40 hari. Setelah doc berumur 41 hari ke atas Anda sudah bebas memberi apa saja yang penting doc mau memakannya.
    Nah, setelah semua itu jadi, tersedia, dan doc pun telah lahir, maka Anda cukup memasukkannya ke dalam kandang box, beri penerangan, beri air minum yang bersih, beri makanan. Dan tunggu hasilnya sampai 40 hari. Anda akan melihat sendiri bahwa doc Anda akan selamat 100%, insyaallah. Admin biasanya melakukan ini, dan doc admin selalu hidup 100%.
    Untuk melihat peternakan admin, Anda bisa melihat video berikut.

    Doc berumur 5 hari 


    Doc berumur 10 hari



    Doc umur 20 hari



    Doc berumur 25 hari





    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Cara memisahkan anak ayam kampung yang baru menetas dari induknya