Agar ayam tetap hangat dan tidak flu di musim hujan



Ternak ayam itu memang memerlukan perhatian yang maksimal, apalagi pada saat musim hujan. Biasanya anak ayam di musim hujan rentang terkena penyakit. Salah satunya yaitu flu atau ngorok.
tips mengatasi flu pada ayam di musim hujan
-
Namun, penyakit ngorok ini tidak terlalu berbahaya, hanya saja keadaan tubuh anak ayam yang sedang terjangkit akan mengalami keterlambatan pertumbuhan sehingga waktu panen akan mundur beberapa hari. Dan untuk mengatasi agar flu ini tidak terjadi pada anak ayam kampung, berikut tips yang perlu Anda perhatikan.

Gunakan balon pemanas lebih besar dari sebelumnya

tips mencegah flu pada doc
-
Keadaan suhu dingin di musim hujan bisa melebihi batas maksimum dari kekuatan daya tubuh doc, sehingga kita perlu menyediakan penghangat lebih banyak dari sebelumnya atau pada saat musim kemarau.
Untuk tumbuh lebih cepat, doc ayam kampung membutuhkan suhu panas yang maksimal, kalori di dalam tubuhnya dapat berproses dengan baik jika suhu tubuhnya normal. Sehingga ketika pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan, kita perlu menyediakan alat penghangat yang lebih besar.
Disarankan lampu pemanas dengan balon kuning 100 watt. Balon kuning 100 watt mampu menghangatkan tubuh doc selayaknya sinar uv.

Tutup rapat kandang agar angin tidak masuk ke dalam kandang.

-
Agar anak ayam tidak terkena angin malam yang berlebihan, perlu adanya kandang yang tertutup rapat sehingga udara yang masuk ke dalam kandang masih bisa dipanaskan oleh lampu penghangat.

Sediakan makanan lebih banyak

Makanan jangan sampai habis di dalam kandang ketikan musim dingin. Kurangnya makanan yang tersedia di dalam kandang akan memicu kekanibalan pada ayam dan membuat mereka makan sebanyak-banyaknya apabila makanan telah ada. Ayam yang makan dengan tidak terkontrol olehnya, maka akan membuat mereka memakan makanan tidak pada yang dibutuhkan, sehingga akan makan sebanyak yang mereka bisa. Bahkan mereka tidak lagi mengenal yang namanya kenyang. Makan saja sampai benar-benar full. Dan, ayam yang terlalu kenyang akan menjadi kanibal, karena mereka tidak lagi memikirkan perutnya. Bila keadaan ini terjadi, mereka akan mencari alasan untuk berkelahi, dan pada akhirnya mereka akan saling melukai. Nah, kalau kejadian ini berlangsung di dalam kandang, tentu akan membuat ayam sakit dan berdampak kerugian yang besar. 
cara mengatasi flu pada ayam kampung
-
Berikan makanan kosentrat saja. Ayam yang memakan berbagai jenis makanan akan membuat perutnya tidak normal lagi, dan bisa-bisa berakibat ayam kembung. Bahkan, ada juga yang tidak bisa mencerna makanannya sehingga makanan dalam perutnya terus bertumpuk dan berakibat mematikan.

Sediakan air minum yang cukup

Sediakan air minum yang cukup di dalam kandang, terutamanya di musim hujan. Ganti sesuai jadwal, walaupun air minum tersebut belum habis. Selalu usahakan agar air minum tetap bersih, sehat dan layak konsumsi.  Jika ada gejala-gejala yang tidak biasa, seperti ayam terlihat lemas, segera beri obat. Jangan menunggu hingga benar-benar sakit baru bertindak. Pantau kesehatan mereka demi meminimalisir kerugian. 
Baik cukup sekian dan semoga apa yang admin sampaikan di artikel ini dapat bermanfaat. Sukses selalu.
Untuk menjaga doc agar tetap hangat walau di musim hujan, simak video berikut. Terima kasih.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara memisahkan anak ayam kampung yang baru menetas dari induknya

Tips merawat doc dari umur 1 hari sampai 40 hari dijamin 100% hidup dan sehat