Tip memulai peternakan ayam kampung

Untuk memulai peternakan ayam Anda, semestinya induk ayamlah yang paling utama yang harus Anda sediakan.

Dari induk ini nantinya akan bertelur dan menghasilkan doc (anak ayam). Sudah pasti induk ayam ini yang menjadi tulang punggung keberhasilan Anda dalam beternak ayam.

Untuk induk ayam yang baik dan harus Anda miliki pada saat memulai adalah induk ayam yang bentuk tubuhnya besar, bulunya rapi dan tebal. Karena dengan bulu yang rapi berarti induk ayam tersebut sehat, dan dengan bulu yang tebal maka si induk ayam ini akan mampu mengeram walau jumlah telurnya lebih dari sepuluh dan kemungkinan menetasnya akan mencapai 99%.

Contoh induk ayam yang bagus adalah seperti berikut:
ciri-ciri induk ayam yang baik
Gambar Induk ayam yang baik

Seandainya Anda punya induk ayam di rumah dan cirinya tidak memenuhi kriteria yang saya sebutkan di atas, baiknya diganti saja. Anda bisa ke pasar dan melihat-lihat induk ayam yang layak. Atau mungkin Anda bisa menukarnya ke tetangga terdekat. Siapa tahu mereka hendak memotong ayam, maka tentu Anda punya kesempatan untuk menukarnya.

Untuk memulai Anda perlu menyediakan 5 ekor induk ayam dan 2 pejantan. Admin memulai peternakan Admin dengan jumlah sekian dan alhamdulillah, peternakan Amin sekarang sudah mencapai keberhasilannya.

Keuntungan beternak ayam.

Untuk menjadi peternakan ayam yang sukses, Anda haruslah serius. Pikirkan betapa enaknya menjadi peternak ayam jika berhasil. Cobalah lihat keuntungan di bawah ini. 
Jika Anda memiliki sejumlah ayam yang bisa dipotong, maka tentu saja apabila Anda membutuhkan daging ayam, tinggal potong. Tidak perlu lagi membeli.Jika perlu uang, Anda bisa menjualnya.

    Hitung-hitung keuntungan

    Untuk 30 ekor Anak ayam dipelihara sejak mereka mentas.
    Kosentrat 30kg dengan harga Rp270.000.

    Anda hanya mengeluarkan uang sejumlah Rp270.000, Anda sudah memiliki ayam 30 ekor yang sudah siap dijual dengan harga minimal Rp25.000 dengan umur 2 bulan. Berarti 30x25=750.000-270000=500.0000.

    Oke, ini untuk 30 ekor saja. Coba kita memelihara 5 kali lipat dari hitungan di atas, atau sekitar 150 ekor. Tentu Anda akan memperoleh keuntungan sebanyak 5x500.000=2.500.000. Yah, seginilah penghasilannya ketika peternakan Anda berhasil.

    Dan induk ayam yang dipisah dari anaknya akan setiap bulan bertelur maka, sudah pasti setiap bulan pula Anda mendapatkan keuntungan seperti pada hitungan cepat di atas.

    Untuk menghasilkan uang seperti diatas Anda hanya perlu memiliki 25 ekor induk ayam ditambah 5 ekor jantan.


    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Cara memisahkan anak ayam kampung yang baru menetas dari induknya

    Tips merawat doc dari umur 1 hari sampai 40 hari dijamin 100% hidup dan sehat