Cara memisahkan anak ayam kampung yang baru menetas dari induknya


Di sini admin akan memberikan sedikit tips bagaimana cara memisahkan anak ayam kampung dari induknya agar mereka tidak stres dan bisa tumbuh dengan sehat. 

Pisahkan mereka sejak menetas.

tips memisahkan anak ayam kampung dari induknyaPisahkan mereka semenjak menetas. Pada waktu doc baru menetas, mereka  masih belum tahu apa-apa. Mereka belum mengenal seperti apa dan bagaimana jenis makanan, minuman itu. Dengan artian kitalah yang mengajari, bahwa makanan dan minuman itu bentuknya bagaimana.

Waktu yang tepat untuk memisahkan  mereka.

tis memelihara anak ayam kampung
waktu
Sejak anak ayam kampung itu menetas mereka masih terlalu lemah, sehingga kita perlu menunggu waktu yang tepat untuk memisahkan mereka dari induknya, atau mengambilnya dari tempat bertelur. DOC yang baru lahir membutuhkan waktu sekitar 24 jam untuk mengumpulkan energi. Sehingga pada saat 24 jam telah berlalu, anak ayam tersebut baru bisa berdiri dengan sempurna. Oleh karena itu, kita perlu memberi waktu pada anak ayam itu untuk berada dalam pelukan ibunya selama 24 jam. 
Ada pun cara mengambil anak ayam dari induknya jug harus melihat waktu yang tepat  pula, guna menghindari stres pada doc yang berlebihan. Oleh karena itu, waktu yang paling tepat untuk mengambil doc dari pelukan induknya ialah pada saat malam hari, dan tentunya telah melewati 24 jam setelah menetas.
Pengambilan anak ayam dari induknya dilakukan pada malam hari ini akan membantu mengurangi ketakutan pada doc sehingga mereka tidak lama brsyiok-syiok memanggil induknya. Induknya pun tidak sibuk mencari anaknya. Sehingga ketika pagi keadaan sudah kembali normal. 

Sediakan kotak kecil di dalam kandang box.

tips merawat akan ayam kampung
Kotak kecil
Kotak kecil ini berfungsi untuk membatasi ruang gerak doc. Sehingga doc akan tetap tertidur untuk mengumpulkan sisa-sisa energi yang masih belum sempurna. Juga, kotak  kecil ini berfungsi untuk menaburkan makanan sekaligus akan menjadi pelindung dari dari udara dingin.

Beri penerangan di dalam  kandang box.

lampu penghangat untuk kandang doc
Penerangan
Penerangan di dalam kandang berfungsi untuk menghangatkan tubuh doc. Gunakan balon kuning Philips 100 watt. Panas yang dihasilkan dari balon kuning 100 watt ini mampu menyamai kehangatan pelukan induknya, sehingga anak ayam akan tetap tenang dan segera melupakan induknya.

Beri air minum.

tempat air minum yang bagus untuk doc
Beri air minum
Pemberian air minum ini perlu anda pelajari di artikel sebelumnya. di sini. Jadi jangan pernah memberi air minum pada doc yang baru lahir menggunakan air yang belum diolah. Gunakan air minum yang telah dipanaskan sehingga bakteri di dalam kandungan air tersebut sudah mati.
Baik cukup sampai di sini dulu, semoga apa yang admin sampaikan di sini ada manfaatnya. Untuk melihat tatacara memisahkan anak ayam yang baru menetas bisa Anda lihat di video berikut. Terima kasih. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips merawat doc dari umur 1 hari sampai 40 hari dijamin 100% hidup dan sehat