Cara membuat tempat makan doc ayam kampung 100% tidaK tumpah



          Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat tempat makan anak ayam Anda.
tutorial membuat tempat makan ayam kampung sukses tidak akan tumpah
Cukup menggunakan benda-benda plastik yang tidak terpakai lagi di rumah. Dan, hasilnya pasti memuaskan. Coba lihat beberpa tempat makan ayam di bawah ini yang pernah admin buat.

Sebenarnya plastik ini terlalu banyak di rumah dan ibu admin tidak menggunakannya lagi. Maka dari itu, admin mencoba untuk mendaur ulang kembali, sehingga plastik-plastik yang bertumpuk di rumah mash bisa berguna lagi.  Bagi Anda yang memiliki sejumlah plastik bekas di rumah, jangan dibuang, cobalah berkreasi agar barang-barang bekas tersebut kembali berguna.

Berikut ada tiga tempat makan yang terbuat dari plastik bekas.

tips membuat tempat makan ayam kampung dari plastik bekas rumahan
Tempat makan umur 10 hari
Tempat makan yang satu ini pas bagi anak ayam yang baru berumur 10 hari. Usahakan ketika membuatnya ukur persis sesuai besar anak ayam Anda! Menurut pengalaman admin, ketika doc masih kecil mereka akan masuk, dan itu bisa berbahaya bagi di doc.

tutorial membuat tempat makan ayam kampung dari plastik
Tempat makan umur 20 hari
Yang kedua, tempat makan yang satu ini special buat anak ayam yang sudah berumur 20 hari ke atas.  Ukuran besar tubuh doc ketika sudah berumur 20 hari sudah lumayan besar, jadi Anda bisa menggunakan tempat makan seperti yang admin desain ini. Dengan menggunakan tempat makan seperti ini, Anda bisa sekali memberi makanan dengan jumlah yang banyak. Bahkan dua hari pun bisa satu kali saja memberi makanan. Simple, bukan? Memelihara anak ayam itu tidak perlu repot, kok!

cara membuat tempat makan dari paralon
Tempat makan umur 60 hari
Tempat makan yang ke tiga ini, khusus admin buat untuk anak ayam yang berumur 60 hari ke atas. Menurut hemat admin, ketika doc sudah besar, admin pindahkan mereka ke kandang pembesaran. Dan, tempat makan yang paling cocok buat doc yang telah berumur 6o hari ke atas, memang harus seperti ini. Itu disebabkan, mereka akan makan dari dalam dan kita pun bisa memberinya makanan dari luar tanpa harus membuka kandang.   Anak ayam yang berumur 60 hari ke atas sudah bisa bertahan hidup tanpa lampu penghangat. Oleh karena itu, dengan kandang yang didesain untuk pembesaran, diusahakan tempat makannya diletakkan dari luar, sehingga apabila malam hari anak ayam masih tetap bisa makan dengan cahaya lampu dari luar. Dari, sini peternakan akan menghemat biaya listrik, anak ayam pun bisa tertidur pules, tanpa gangguan cahaya lampu.

Catatan:
Untuk tempat minumnya, admin masih menggunakan tempat minum yang dibeli di pasar. Tempat minum yang ada di kota admin masih cukup sempurna. Maka dari itu, admin tidak merakit sendiri, cukup beli saja sesuai ukuran kebutuhan doc.

Simak cara pembuatan tempat makan anak ayam ini di video berikut.


Terima kasih, semoga apa yang admin jelaskan melalui artikel ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara memisahkan anak ayam kampung yang baru menetas dari induknya

Tips merawat doc dari umur 1 hari sampai 40 hari dijamin 100% hidup dan sehat