Cara memberi air minum pada anak ayam kampung




Cara admin memberi air minum pada anak ayam kampung milik admin cukup simple dan juga tidak menggunakan obat-obatan. Pemberian air minum dengan hanya menggunakan air putih murni. Namun, air putih itu telah admin panaskan terlebih dahulu. Sehingga doc milik admin meminum air yang sama dengan yang admin minum setiap hari.

"Pemberian air minum"
Sejak anak ayam itu menetas, mereka belum mengenal yang namanya bakteri, dan kuman-kuman yang bisa menyerang tubuhnya.  Ketika Anda memisahkan mereka dari induknya di hari kelahirannya, mereka itu masih sehat, belum ada penyakit sama sekali di dalam tubuh. Sehingga apabila kita memberinya air minum yang sehat, yang tanpa bakteri, dan memberinya makanan yang sehat, tanpa bakteri, maka anak ayam kampung itu akan tumbuh dengan sehat pula.
Maka dari itu, apabila hendak memisahkan anak ayam Anda dari induknya, usahakan memisahkan mereka sejak menetas. Karena pada saat itu, doc masih belum pernah mencerna makanan yang mengandung virus, juga belum pernah meminum air yang mengandung bakteri. Jadi ketika kita mengambil alih pengasuhan, mereka akan tetap sehat selama kita bisa menjaga makanan dan air minumnya dengan baik.
Admin telah melakukan penelitian sejak lama sekali, dan pada kesimpulan dari penelitian admin, ternyata anak ayam tidak perlu obat-obatan kimia selama mereka belum terjangkit virus. Mereka hanya perlu makanan dan air minum yang sehat untuk tumbuh dengan sehat juga. Tentu beda lagi ceritanya jika anak ayam itu terlanjur terjangkit virus, cacing dan sebagainya.
Oleh karena itu, sekali lagi admin menekankan bahwa jangan sekali-kali memberi air minum pada doc menggunakan air pipa. Gunakanlah air yang sudah diolah dengan baik.  Di rumah admin, kebetulan  kami sekeluarga megomsumsi air minum yang telah dipanaskan sampai mendidih terlebih dahulu, jadi air minum di rumah terbilang higinis tanpa adanya bahan pengawet. Di kesempatan yang sama, admin mencoba memberikan air minum yang sama dengan rutin setiap hari pada anak ayam admin yang baru menetas. Alhasil, alhamdulillah anak ayam admin tumbuh sehat tanpa pernah divaksin, juga tidak pernah menggunakan obat-obatan kimia.
Bagi Anda yang baru memulai peternakan di rumah, coba terapkan apa yang admin sarankan. Untuk membuktikan keakuratan penjelasan admin mungkin Anda perlu mempraktekkannya sendiri. Dengan jalan memisahkan anak ayam dari induknya sejak ia menetas, dan hanya memberinya air putih murni yang telah dipanaskan untuk air minumnya, juga hanya memberi kosentrat saja untuk makanannya. Dan lalu, lihat hasilnya! 
Bila usaha di atas telah dilakukan dan doc Anda masih terkena cacing juga, coba  selidiki dengan teliti! Cacing itu sebenarnya dari mana? Sedangkan anda menggunakan kandang box, makanan sehat, dan air minum sehat pula.
Menurut hemat admin, cacing yang biasa menggerogoti tubuh anak ayam, 99% dari air minum yang mereka komsumsi. Jika air minum tidak bersih, maka kuman atau virus bakteri yang terkandung pada air tersebut akan tumbuh menjadi cacing di perut doc, dan sudah pasti akan mengakibatkan mereka sakit, pertumbuhan tidak normal bahkan ada yang mati.  
Catatn:
Jika seandainya masih ada doc yang terjangkit cacing, maka perlu adanya pengobatan. Anda bisa menggunakan obat-obatan yang dijual di apotek atau mungkin anda bisa meramu sendiri. 
Cukup sekian untuk hari  semoga apa yang admin sampaikan di sini ada manfaatnya dan sampai jumpa di artikel berikut.
Untuk melihat bagaimana cara admin memberi air minum pada anak ayam kampung milik admin silahkan disimak video berikut.

Video cara memberi air minum pada anak ayam kampung





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara memisahkan anak ayam kampung yang baru menetas dari induknya

Tips merawat doc dari umur 1 hari sampai 40 hari dijamin 100% hidup dan sehat